Like dulu

Total Tayangan Laman

Senin, 18 Februari 2013

Belajar Codeigniter Untuk Pemula : Membuat File Controller Pada Codeigniter

Belajar Codeigniter Untuk Pemula : Membuat File Controller Pada Codeigniter - Pada postingan sebelumnya saya sudah menjelaskan beberapa hal mengenai Codeigniter, diantaranya adalah Apa Itu Codeigniter, Keuntungan Menggunakan Codeigniter, Perangkat Lunak Yang Dibutuhkan Untuk Memulai Codeigniter, dan Cara Menginstall Codeigniter Pada Komputer. Bagi Teman-teman yang memang bermaksut Belajar Codeigniter Dari Awal sebaiknya Teman-teman membaca postingan saya sebelumnya mengenai Apa Itu Codeigniter, Keuntungan Menggunakan Codeigniter, Perangkat Lunak Yang Dibutuhkan Untuk Memulai Codeigniter, dan Cara Menginstall Codeigniter Pada Komputer.

Belajar Codeigniter Untuk Pemula : Membuat File Controller Pada Codeigniter

Postingan kali ini adalah Belajar Codeigniter Untuk Pemula : Membuat File Controller Pada Codeigniter, sesuai dengan judulnya saya akan menjelaskan secara singkat bagaimana cara memulai projek web dengan Membuat File Controller Pada Codeigniter. Bisa dikatakan postingan ini adalah lanjutan dari postingan sebelumnya. Oleh sebab itu saya sarankan Teman-teman membaca postingan saya seblumnya.

Seperti yang sudah dibahas pada postingan sebelumnya, Codeigniter menggunakan metode Model-View-Controller. Model pada Codeigniter adalah struktur data, dimana class model akan mengandung fungsi kode yang akan membantu dalam segala proses yang berhubungan dengan database seperti memasukkan, mengedit, mendapatkan dan menghapus data dalam sebuah database. Sedangkan View pada Codeigniter adalah informasi yang disampaikan kepada pengguna. Maksutnya adalah view pada Codeigniter biasanya berupa halaman web, tetapi bisa juga sebagai fragmen halaman seperti header dan footer dan view juga bisa berupa halaman RSS atau jenis halaman web yang lain. Dan yang terakhir adalah Controller yang akan kita bahas pada postingan kali ini. Controller adalah sebuah perantara antara Model dan View dan semua sumber yang dibutuhkan untuk memproses permintaan HTTP dan dalam membuat halaman web.

Nah itulah tadi sekilas mengenai Model-View-Controller. Sekarang langsung saja kita prakterk, tetapi untuk kali ini kita hanya mempraktekkan membuat controller. Perhatikan langkah-langkah dibawah ini:
  1. Yang pertama buatlah satu file menggunakan Notepad++ dan beri nama "latihanci.php".
  2. Simpan file tersebut pada folder ci/application/controllers.
  3. Kita akan membuat code sederhana yang biasa dilakukan oleh programer pemula, yaitu menampilkan "Hello Word".
  4. Ketikkan code dibawah ini pada file latihanci.php

    <?php
    class Latihanci extends CI_Controller
    {
    public function __construct()
    {
    parent::__construct();
    }

    function index()
    {
    echo "Hello Word";
    }
    }
    ?>
  5. Setelah selesai mengetikkan code diatas, kita cek hasilnya dengan menggunakan browser.
  6. Ketikkan alamat http://localhost/ci/index.php/latihanci pada browser Teman-teman, dan perhatikan hasilnya.
  7. Jika tidak ada masalah dalam mengikut langkah-langkah diatas maka hasilnya akan seperti gambar dibwah ini:

Sampai disini dulu pembahasan saya mengenai Controller pada Codeigniter. Untuk postingan selanjutnya saya akan membahas mengenai Model dan View. Semoga postingan ini bermanfaat untuk Teman-teman yang sedang belajar Codeigniter. Sampai jumpa pada postingan berikutnya.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar